Luka Pada Lambung

Luka pada lambung ditandai dengan rasa terbakar pada sekitar ulu hati yang disebabkan kelebihan asam lambung.  Kelebihan asam lambung terjadi akibat rangsangan dari makanan berlemak, minuman beralkohol, dan stres yang berkepanjangan.

Ketika terjadi Luka pada lambung penderita akan merasakan mual, dan dada merasakan panas terasa terbakar.

Rasa sakit yang timbul ini biasanya akan berhenti setelah meminum susu hangat dan biasanya gejala ini terjadi ketika terlambat makan 2 sampai 3 jam atau bisa setelah meminum alkohol dan makan makanan yang pedas dan berlemak tinggi, rasa sakit itu akan berlanjut pada malam harinya.

Luka Pada LambungPada situasi ini lambung bisa dikatakan darurat karena dapat mengalami muntah yang bisa disertai darah, begitu juga dengan kotoran disertai darah biasanya berwana hitam aspal dan biasanya perut terasa terisi penuh, terasa kembung dan juga  bersendawa.

Gejala tukak lambung

1. Nyeri pada perut
Gejala yang paling terlihat ialah nyeri pada perut yang terjadi sekitaran pusar dengan tulang dada. rasa nyeri ini akan tambah parah apabila perut dalam keadaan kosong.

2. Nafsu makan yang berubah
Pada saat tukak lambung terjadi nafsu makan menjadi berubah. seperti perut akan terasa kenyang pada kemudian merasa lapar pada saat waktu tidak jauh berbeda.

3. Berat badan turun
saat berat terjadi penurunan waspada karena bisa terjadi gejala tukak lambung. Hal ini dikarenakan berubahnya nafsu makan yang tadi membuat nafsu makan berkurang serta rasa nyeri pada perut yang sering muncul.

4. Mengalami mual dan muntah
Ketika mengalami mual dan muntah bukan sekedar tanda masuk angin atau gas lambung, tapi harus diperhatikan juga bisa menjadi salah satu gejala tukak lambung. Hal ini dikarenakan oleh cairan lambung yang tidak seimbang. Pada saat tukak lambung semakin parah kemungkinan bisa terjadi muntah darah. Segeralah ditangani secepatnya karena tukak lambung sudah dalam kondisi parah.

5. warna pada kotoran berubah
ketika warna pada kotoran mengalami perubahan itu sudah menjadi tanda-tanda ada permasalahan yang terjadi pada sistem pencernaan tak terkecuali tukak lambung. tukak lambung bisa menyebabkan warna kotoran berubah menjadi warna gelap atau seperti hitam aspal, terkadang juga ada campuran darah hal ini di indikasikan bahwa tukak lambung sudah sangat parah maka segera ditangani secepatnya.

Pencegahan dan Pengobatan

1. Mampu mengendalikan dan mengatur pikiran agar senantiasa rileks, senang, dan selalu berpikir positif.

2. Memberikan Asupan makanan yang sehat seperti: susu hangat, keju, pisang dan hindari makanan yang bisa memicu rangsangan asam lambung, seperti :  makanan pedas , dan makanan berlemak tinggi.

3. Mulailah dengan mengemil makanan ringan seperti roti tawar dan juga biskuit agar perut tidak terlalu dalam keadaan kosong

4. Hindari Gaya Hidup Buruk. seperti : minuman alkohol, kopi, rokok,  minuman berkarbonisasi yang dapat merangsang asam lambung.

5. Memberikan Suplemen bagi lambung seperti : Gastric Health Tablet.

6. Berkonsultasi dengan dokter apabila penyakit anda merasa parah.

7. Menghindari lingkungan yang kotor. Karena ketika kita berada dilingkungan yang kotor segala macam penyakit bisa menyerang.

Luka pada Lambung akan membaik bila benar berhati-hati dengan asupan makanan dan minuman, menjaga gaya hidup dan asupan suplemen yang tepat.

Dengan pikiran yang selalu rileks akan membawa ketenangan dalam hidup dan bisa terhindar dari stres. Belajar dari sekarang hidup sehat dan santai agar terhindar dari penyakit borok pada lambung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *