Gastric Health Tablet

Mengobati berbagai macam jenis penyakit pada lambung Aman Tanpa Efek Samping

Jenis Makanan Untuk Memperlancar Pencernaan

Jenis Makanan Untuk Memperlancar Pencernaan – Fungsi sistem pencernaan mempunyai peranan penting dalam tubuh manusia, karena alat pencernaan adalah pintu masuk semua asupan nutrisi dalam tubuh. Sistem pencernaan yang baik maka menghasilkan dan memberikan nutrisi yang baik pula sesuai kebutuhan tubuh.

Sehingga kelebihan ataupun kekurangan akan memberikan dampak negatif bagi keseimbangan gizi dalam tubuh yang akan mengakibatkan masalah pada kesehatan. Adapaun ada beberapa faktor yang peyebab pencernaan tidak berjalan dengan baik :

  • Stres
  • Kebiasaan yang buruk (sering mengonsumsi minuman beralkohol)
  • Akibat terjangkit virus, parasit dan bakteri.
  • Efek samping penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat meninggalkan efek negatif pada sistem pencernaan.

7 Makanan Super Yang Membantu Proses PencernaanGangguan pencernaan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan dan menimbulkan beberapa gejala yang sering terjadi, seperti sakit pada perut, mual, bersendawa, kembung, muntah, ketidaknyamanan pada tubuh dan penurunan beberapa fungsi tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk makan makanan tertentu yang mampu menjaga serta membantu proses pencernaan berjalan lancar.

Ada beberapa jenis makanan yang setidaknya dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi gejala gangguan pencernaan, yang terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran yang tinggi akan serat, dan makanan lainnya yang dapat meningkatkan proses pencernaan pada sebagian besar. Makanan yang memiki kandungan serat tinggi hadir dalam makanan ini, sehingga dapat membantu tubuh dalam menggerakan usus secara mudah dan juga dalam membangun massa perut. Dalam artikel ini, Kami akan memberikan daftar beberapa Jenis Makanan Untuk Memperlancar Pencernaan

7 Jenis Makanan Untuk Memperlancar Pencernaan

1.Jahe

Jahe mengandung antioksidan dan gingerol yang dapat membantu membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketika kondisi seseorang sedang mengalami stres. Sifatnya yang anti-inflamasi dan antibakteri dapat menyembuhkan gangguan usus, gangguan pencernaan, mual, dan perut kembung. Sangat dianjurkan mengonsumsi teh jahe dalam beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2.Daun Mint

Tanaman dengan beraromakan menyegarkan ini memiliki cita rasa yang mani dan juga menimbulkan sensasi dingin. Daun mint ini dapat memperlancar sistem pencernaan dan meredakan kram perut. Hal tersebut dikarenakan dari efek asatesia dalam daun mint. Mengkonsumsinya daun mint secara langsung juga dapat menghilangkan rasa mual dan sakit perut serta perut kembung. Anda bisa manmbahkan beberapa tetes minyak daun mint ke dalam segelas air hangat dan minum setiap hari. kandungan senyawana dalam daun mint ini mampu mencegah pembentukan gas dalam perut.

3.Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan terbaik yang dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh. Probiotik bakteri hadir di dalamnya memainkan peran penting dalam pencernaan. Sifatnya yang friendly bacteria (bakteri bersahabat) dalam usus membuat proses pencernaan berjalan lancar, karena yoghurt dapat memperbaiki dan menyempurnakan fungsi pencernaan. Selain itu juga makanan olahan susu ini juga memiliki daya antibiotik yang dapat menghindarkan pembusukan dini dalam usus halus dan mengurangi masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, diare dan sembelit. Konsumsi yoghurt minimal 1 kali dalam seminggu, dan sangat dianjurkan untuk orang tua.

4.Alpukat

Salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan kandungan nutrisi ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya melancarkan pencernaan. Alpukat yang dikemas dengan serat dan polifenol lemak yang membantu dalam pencernaan. Bagi yang mengalami gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah alpukat ini, karena kandungan serat dalam buat ini dapat membantu menghancurkan makana yang sulit dicerna oleh usus. Anda bisa mengonsumsi buah alpukat ini dengan cara di jus, minimal konsumsi 2 buah.

5.Ubi jalar

Makanan dengan kandungan akan serat, karbohidrat kompleks, vitamin B6, dan vitamin C ini mampu membantu proses pencernaan, masalah peradangan usus, sembelit dan juga membantu dalam mengobati ulkus peptikum. Jangan sampai lewatkan untuk mengonsumsi ubi jalar, karena bermanfaat sekali terhadap sistem pencernaan anda.

6.Gandum

Gandum merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan karena sangat mudah dicerna oleh tubuh dan juga kaya akan gizi terutama karbohidrat, serat, protein, serat, dan vitamin A. Kandungan serat dalam gandum bermanfaat untuk mengobati masalah pada gangguan pencernaan, seperti sulit buang air besar. Prebiotik pada gandum juga memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan bakteri baik yang mampu menghambat patogen (bakteri jahat) di dalam usus. Sangat dianjurkan sekali mengonsumsi gandum sebagai menu harian anda.

7.Apel

Pencernaan tidak pernah lepas hubungannya dengan kerja usus halus yang mencerna makanan dan mengambul nutrisinya. Mengkonsumsi apel secara teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pada pencernaan yang terjadi pada usus. Selain itu juga kandungan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit, dan mengurangi beberapa gejala seperti penyakit jantung yang terbakar, dan ketidaknyamanan pada perut.

Simak juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *